Senin, 28 November 2011

Pengertian Web Browser

Web Browser
Apakah itu web browser? Apa saja web browser? Dalam artikel ini mungkin dapat menjadi panduan bagi anda untuk memilih web browser.
Web Browser adalah perangkat lunak (software) yang memungkinkan penggunanya untuk mengakses internet dan file-file berupa musik, teks, gambar dll yang tersedia di internet.
Menurut yang saya baca di berbagai artikel ada banyak web browser dan sebagian akan saya ulas disini yaitu :
Google Chrome —>>web browser yang di kembangkan oleh google
Macam – macam Web browser
1. Microsoft Internet Explorer
Internet Explorer yang merupakan web browser bawaan dari OS Microsoft itu sendiri. Internet Explorer yang sering dikenal dengan singkatan IE/MSIE ini menurut para ahli merupakan web browser yang mudah disusupi oleh virus, trojan dsb. Selain itu kelemahan dari IE yakni browser ini tidak dapat berjalan selain di Windows. Sekadar info pengguna IE merupakan paling banyak karena banyaknya yang menggunakan OS Microsoft yang otomatis membuat IE menjadi yang paling banyak
2. Netscape Navigator
Netscape Navigator yang sempat “booming” di era 90-an sebelum IE muncul. Namun, sekitar tahun 1999 Netscape Corporation pembuat Netscape Navigator di akuisisi oleh America Online (AOL). Setelah itu Netscape Corporation mendirikan Mozilla Foundation yang merupakan pembuat dari Mozilla Firefox. Jadi dapat diartikan pula Netscape Navigator merupakan cikal bakal adanya Mozilla Firefox.
3. Mozilla Firefox
Inilah pesaing berat bagi web browser buatan Mas Bill Gates (MIcrosoft). MOzilla Firefox yang icon-nya bergambar rubah api ini merupakan web browser paling favorit saat ini. Mozilla Firefox dibuat oleh Mozilla Foundation. Web Browser ini gratis dan dapat diunduh oleh siapapun. Browser ini dilengkapi oleh Add-ons dan Plugins untuk menambah kinerjanya. Tapi hati-hati apabila ingin menambah Add-ons ataupun meng-install plugins karena pernah diuji oleh pembuat AVIRA di Jerman bahwa Mozilla Firefox dapat disusupi trojan berbahaya melalui install plugin-nya.
Tapi ini tak membuat Firefox sepi peminat bahkan Firefox banyak menerima award.
4. Opera
Opera merupakan browser buatan Opera Software company. Opera juga terkenal aman dan Opera memiliki keistimewaan bebas dari pop-up. Opera menyediakan browser bagi handphone, ini yang membuat Opera menjadi browser favorit selain Firefox.
5. Safari
Safari merupakan web browser buatan dari Apple Inc yang juga merupakan produsen dari iPod dan iPhone. Pada awalnya Safari hanya dapt digunakan di Macintosh saja. Tetapi sekitar bulan Juni 2007 dibuat juga untuk Windows.
6. Avant
Avant Browser adalah browser yang cukup populer dan gratis dari programmer asal China yang bernama Anderson Che.
Browser ini menyatukan layout (engine) Trident yang dibuat untuk Windows (lihat shell dari Internet Explorer) membuatnya kaya akan feature-feature, fleksibel dan ergonomic dibanding dengan Microsoft Internet Explorer (IE). Ini dapat berjalan pada Windows 98 keatas termasuk Vista.
7. Lunascape
Lunascape merupakan web browser yang tegolong muda di dunia maya. Lunascape ditemukan oleh Hidekazu Kondo yang juga merupakan CEO dan pendirinya. Lunascape diklaim merupakan browser pertama di dunia yang menggabungkan tiga buah engine internet dalam satu aplikasi.
Tiga engine tersebut yakni Gecko, Trident, dan Webkit. Lunascape juga diklaim sebagai browser tercepat dan teraman saat ini yang diakibatkan dari penggabungan ketiga engine tersebut.Salah satu engine tersebut adalah “nyawa” dari Mozilla Firefox yang juga diklaim sebagai browser teraman yaitu Gecko.
Menginstal Web Browser :
Bahan Needed:
- Komputer
- Koneksi internet
- Web browser
Langkah 1
Untuk menginstal Mozilla Firefox browser, yang sekarang buka web browser dan menyambung ke situs web http://www.mozilla.com/en-US/firefox/ie.html.
Langkah 2
Download versi terbaru dari Web browser dan menyimpannya ke dalam harddisk lokal. Pastikan untuk tidak memulai proses instalasi yet.
Langkah 3
Tergantung Sistem Operasi yang di mesin, uninstall semua versi Mozilla Firefox dalam sistem. Penting bahwa setiap versi yang lebih lama (meskipun tidak lagi digunakan) akan dihapus dari komputer tdk pantas untuk mencegah masalah yang mungkin timbul baik selama instalasi atau operasi yang sebenarnya browser. Kehadiran Internet Explorer pada sistem komputer tidak akan menjadi masalah.
Langkah 4
Setelah selesai dari metode instalasi, arahkan ke folder tempat download Mozilla Firefox Setup file tersebut disimpan. Memulai file untuk memulai proses instalasi. Akan lebih baik jika tidak ada browser lain yang sedang terbuka saat ini.
Langkah 5
Perjanjian lisensi yang awalnya akan ditampilkan. Pengguna telah menerima lisensi agar proses instalasi untuk melanjutkan, jika tidak, program setup akan mengakhiri.
Langkah 6
Ketika installer akan menanyakan apakah Anda ingin membuat Mozilla Firefox default web browser, awalnya memilih "Tidak". Ini akan memungkinkan Anda untuk menguji browser Web setelah instalasi tanpa harus memodifikasi setiap saat pengaturan di komputer. Fungsi ini dapat diaktifkan dengan Mozilla Firefox.
Langkah 7
Impor Setting Wizard yang akan dilaksanakan dan mendorong pengguna jika Favorit, Cookies, Saved Sandi, Internet Options, dan serangkaian lainnya pengaturan akan diimpor dari Internet Explorer. Klik "Ya" untuk opsi yang halus transisi dari Internet Explorer ke Mozilla Firefox.
Langkah 8
Setelah selesai proses instalasi, buka Mozilla Firefox dan pergi ke http://update.mozilla.org/extensions/ untuk men-download ekstensi yang akan meningkatkan kinerja dan fungsionalitas browser. Instal hanya menemukan ekstensi yang berguna karena terlalu banyak dari mereka di Internet.
Langkah 9
Jika anda ingin menyesuaikan salinan Mozilla Firefox, download tema dengan memilih menu "Tools" dan mengklik "Tema" pilihan. Pilih "Dapatkan Tema" fungsi.
Langkah 10
Perlu menginstal plug-in modul seperti Adobe Reader dan lain-lain untuk membolehkan akses ke jenis data di Internet.
Langkah 11
Restart komputer dan meluncurkan Mozilla Firefox. Ketika diminta untuk menjadikannya default browser, pilih "Ya".


2. CARA MENGINSTALL GOOGLE CHROME  VERSI GOOGLE :
Langkah-langkah dan Cara Instal OS Google Chrome Di Windows XP :
1. Download Virtual Box for Windows hosts (72 MB) dari www.virtualbox.org, atau langsung saja via download exe link Virtualbox.org/Win.exe. Kemudian download OS Chrome dari Gdgt.com, untuk download Imej OS Google Chrome (ukurannya 313 MB) kita harus daftar disana dan verifikasi email, dan untuk ekstrak file download-nya dengan Winrar, jika tidak memiliki Winrar, bisa download disini atau disini, kemudian ekstrak file tersebut dan ikuti langkah-langkah berikut ini
2. Install OS Chrome yang tadi anda download, jika kamu menemukan pesan software error saat memulai instalasi maka klik Continue Anyway.
3. Buka Virtual Box lalu klik New
4. Setelah melakukan langkah diatas, maka “Wizard Window” baru akan muncul, maka klik Next. dan pada isian Name isi Chrome OS, lalu Operating System tulis Linux, dan pada Version isi Ubuntu (Karena OS Chrome berbasis Linux)
5. Maka akan muncul jendela perkiraan (Windows Adjust) besaran RAM pada mesin virtual, maka sebaiknya setel Adjust pada RAM maksimum yang tersedia (Berdasarkan pengalaman OS Chrome berkerja lebih cepat pada RAM yang tinggi)
6. Pada langkah ini kita tidak perlu menciptakan Virtual Hard disk untuk instalasi, namun OS Chrome yang telah kita download sebelumnya (Langkah 1) sudah merupakan sebuah Hard Disk virtual yang berisi pre-install OS Crome di dalamnya.
7. Sekarang pada Window selanjutnya kita harus me-load virtual hard disk tadi, dengan klik ADD dan browse pada folder tempat kita meng-ekstrak file zip OS Chrome.
8. Pilih (select) hard disk virtual (Virtual Hard Disk) yang telah kita tambahkan pada langkah sebelumnya yang terlihat pada gambar, sempurnakan prosesnya dengan meng-KLIK Next kemudian Finish.
9. Kita telah menciptakan mesin virtual (virtual machine) untuk OS Chrome, langkah selanjutnya ialah menjalankan (run) OS Chrome, sebelum memulai aktifkan OS Chrome, pastikan anda telah terhubung dengan internet karena adaptor jaringan (Network Adapter) belum terdeteksi oleh Virtual box, jika anda tidak terhubung (terkoneksi) dengan internet dan memutuskan melakukannya nanti saja maka akan prosesnya akan lebih sulit dan melelahkan sebaiknya lakukan sekarang.
Setelah kamu terhubung dengan internet, maka jalankan OS Chrome dengan meng-KLIK Start.
10. Beres sudah! Sekarang OS (Operating System/Sistim Operasi Chrome) sudah terinstall pada Virtual Box kita dan siap untuk di operasikan! Dan langkah selanjutnya kita perlu LOGIN, oleh karenanya kita memerlukan account Gmail, jika anda belum punya Gmail, maka silahkan ke SINI untuk membuatnya, setelah itu tinggal login deh.
 CARA MENGINSTALL INTERNET EXPLORER
1.     Download dulu packet IE7 tanpa melalui Microsoft di halaman file collection pada blog saya ini
2.     Maka hasil downloadnya akan bernama IE7-WindowsXP-x86-enu.exe
3.     Extract file IE7-WindowsXP-x86-enu ke directory mana saja, atau buat baru ya…
4.     Download file crack yang sudah saya siapkan juga di halaman file collection pada blog saya ini
5.     Extract file tsb. Maka akan ada 3 file yaitu, iecustom.dll, normaliz.dll, dan normaliz.exe
6.     Copy paste file “iecustom.dll”(pada langkah 5) ke folder “update” dalam directory tempat kamu mengextract file IE7-WindowsXP-x86-enu.exe pada langkah 3 tadi. Jika ada box pertanyaan keluar, maka overwrite/tumpuk saja file tsb.
7.     Untuk menjaga kemungkinan error pada tahap selanjutnya, copy paste file “normaliz.exe”(pada langkah 5) ke dir C: ato drive C:
8.     Klik 2 kali file “update.exe” pada folder “update” dalam directory tempat anda mengextract file IE7-WindowsXP-x86-enu pada langkah 3 tadi. INGAT..!!! bukan file “iesetup.exe”…!!!
9.     Setelah selesai pilihlah restart later ato pilih option yang meminta komputer anda untuk tidak restart setelah installasi selesai (centangi pilihan do not restart now)
10.                        Ini langkah yang paling penting..!!! Copy paste file “normaliz.dll”(pada langkah 5) ke directory C:\Windows\system32.
11.                        Nah… sekarang reboot/restart komputer anda..
12.                        Nah, setelah restart mungkin komputer anda mengalami problem berupa “a file called normaliz.dll that can not be found by explorer.exe”. ciri² dari problem ini adalah desktop anda blank (ga ada shortcut programnya). Jangan lhawatir, untuk itulah langkah 7 dilakukan. Jika hal ini terjadi lakukan langkah 13. Jika tidak (desktop anda normal2 saja) lanjut ke langkah 18….
13.                        pencet ctrl+alt+del untuk menampilkan task manager
14.                        pilih tab File, kemudian New task (run)
15.                        ketik C:\normalize.exe
16.                        ikuti langkahnya, jika ada pilihan unzip, maka pilihlah/kliklah unzip tersebut
17.                        reboot/restart komputermu, maka akan terlihat kembali icon² desktopmu.. maka langsung ke langkah 18
18.                        Nah, sekarang langkah yang ga kalah penting adalah jalankan file “xmllitesetup.exe” di folder “update” tempat kamu mengextract file IE7-WindowsXP-x86-enu pada langkah 3 tadi
19.                        Reboot/restart komputer
20.                        Selesai dah… tinggal anda konek ke internet dan setting IE7 anda ke website Microsoft.
PENGERTIAN  SEARCH  ENGINE


Rangkuman cara mencari informasi dengan menggunakan "SEARCH ENGINE"
Search engine disebut juga dengan mesin pencari,dimana sistem yang ada pada sistem tersebut diolah melalui satu atau sekelompok komputer yang berfungsi untuk melakukan pencarian data.
Search engine yang saat ini populer di kalangan masyarakat adalah google.com dan yahoo.com.Melalui search engine kita dapat mencari informasi berupa web, gambar, video, direktori, lokal, berbelanja, dll.Mesin pencari web bekerja dengan cara menyimpan data tentang banyak halaman web, yang diambil langsung dari WWW, melalui web crawler.
Data tentang halaman web disimpan dalam sebuah database indeks untuk digunakan dalam pencarian selanjutnya.Sebagian mesin pencari, seperti Google, menyimpan seluruh atau sebagian halaman sumber (yang disebut cache)maupun informasi tentang halaman web itu sendiri.
Ketika seorang pengguna mengunjungi mesin pencari dan memasukkan query, biasanya dengan memasukkan kata kunci, mesin mencari indeks dan memberikan daftar halaman web yang paling sesuai dengan kriterianya, biasanya disertai ringkasan singkat mengenai judul dokumen dan terkadang sebagian teksnya.
Manfaat mesin pencari bergantung pada relevansi hasil-hasil yang diberikannya. Meskipun mungkin ada jutaan halaman web yang mengandung suatu kata atau frase, sebagian halaman mungkin lebih relevan, populer, atau autoritatif daripada yang lain.
Kebanyakan mesin pencari menggunakan berbagai metode untuk menentukan peringkat hasil pencarian agar mampu memberikan hasil "terbaik" lebih dahulu. Cara mesin menentukan halaman mana yang paling sesuai, dan urutan halaman-halaman itu diperlihatkan, sangat bervariasi. Metode-metodenya juga berubah seiring waktu dengan berubahnya penggunaan internet dan berevolusinya teknik-teknik baru.
Sebagian besar mesin pencari web adalah usaha komersial yang didukung pemasukan iklan dan karenanya sebagian menjalankan praktik kontroversial, yaitu membolehkan pengiklan membayar agar halaman mereka diberi peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian. Namun pada Google, iklan memiliki ruang tersendiri hasil pencarian tersendiri, sehingga diharapkan tidak mempengaruhi hasil pencarian.

Cara Efektif Menggunakan Search Engine

Menggunakan mesin pencari (search engine) merupakan cara yang biasa ditempuh oleh para netters untuk mencari informasi tertentu yang dibutuhkannya di belantara world wide web (www). Namun demikian, tidak jarang penggunaan mesin pencari memberikan hasil yang mengecewakan, semata-mata karena pemakai melakukan query dengan cara yang kurang tepat. Tips-tips berikut diharapkan dapat menuntun anda menggunakan mesin pencari secara efektif untuk menemukan informasi yang anda butuhkan:
1. Gunakan mesin pencari yang tepat
Ditengarai sebagian mesin pencari saat ini, lebih banyak menampilkan iklan daripada hasil pencarian yang sesungguhnya. Disamping itu, banyak pula pengelola situs mesin pencari yang kolaps, lantas tidak lagi mengupdate databasenya. Untuk saat ini, Yahoo dan Google merupakan pilihan yang paling terpercaya.
2. Jangan gunakan keyword yang terlalu umum
Bayangkan, seberapa banyak hasil pencarian yang anda peroleh apabila anda hanya memasukkan kata kunci telescope dalam mesin pencari. Jelas berbeda dengan apabila anda menggunakan kata kunci berupa teleskop dari jenis ataupun merk tertentu.
3. Masukkan keyword secara singkat namun jelas
Banyak orang memasukkan kata kunci yang berderet-deret sehingga malahan mengacaukan hasil pencarian. Menuliskan kata kunci Short biography of astronomer Edwin Hubble akan mengeluarkan setumpuk halaman yang sama sekali tidak berhubungan dengan apa yang dicari dibandingkan dengan keyword yang lebih sederhana, misalnya Hubble biography. Juga perhatikan ejaan dari kata kunci yang anda masukkan. Kesalahan ejaan pada kata kunci dapat membawa anda untuk memperoleh hasil yang jauh dari harapan.
4. Gunakan operator Boolean
Kata kunci “AND”, “OR”, “NOT”, dengan kombinasinya akan sangat membantu menemukan situs-situs yang lebih spesifik. Keyword Hubble AND biography NOT telescope akan membawa anda ke halaman yang membahas tentang biografi Edwin Hubble dan menghindari masuknya halaman tentang teleskop antariksa dengan nama yang sama pada hasil pencarian anda.
5. Gunakan tanda kutip untuk satu frase utuh
Beberapa mesin pencari mensyaratkan penggunaan tanda kutip untuk menunjukkan satu frase kalimat. Misalnya, penggunaan kata kunci Hubble Space Telescope dengan “Hubble Space Telescope” akan memberikan keluaran yang berbeda. Kata kunci yang diapit oleh tanda kutip biasanya akan memberikan hasil yang lebih akurat. Penggunaan tanda kutip juga dapat dikombinasikan dengan operator boolean untuk mendapatkan hasil yang lebih spesifik, misalnya “Hubble Space Telescope” AND launch.
6. Manfaatkan Direktori
beberapa mesin pencari menyediakan fasilitas direktori yang akan membawa anda ke topik-topik tertentu yang sudah diklasifikasikan sedemikian rupa untuk memudahkan proses pencarian. Mesin pencari yang menggunakan direktori antara lain adalah Yahoo, Lycos, dan Altavista. Untuk mencari informasi yang berkaitan dengan Indonesia, disarankan untuk menggunakan direktori lokal Indonesia, misalnya Catcha, SearchIndonesia, Naver, atau Incari.
7. Manfaatkan fitur khusus dari mesin pencari anda
Beberapa mesin pencari tidak saja menyediakan fasilitas untuk pencarian artikel, namun juga file-file multimedia seperti gambar, MP3, dan bahkan rekaman video. Sementara itu, mesin pencari semacam MetaCrawler mengirimkan perintah pencarian ke beberapa mesin pencari sekaligus dan menampilkan hasilnya dalam satu halaman. Anda dapat mempelajari fitur-fitur khusus pada mesin pencari favorit anda untuk mengeksploitasi penggunaannya secara maksimal.
8. Gunakan fungsi “Find” pada browser anda
Ketika mesin pencari mengantarkan anda pada halaman tertentu, anda belum tentu langsung menemukan apa yang anda cari disana. Anggaplah upaya pencarian biografi Edwin Hubble yang anda lakukan membawa anda ke halaman Apa dan Siapa di bagian astronomi pada situs ini. Jangan lantas kebingungan dulu ketika di halaman ini anda tidak menemukan artikel yang anda cari. Gunakan fungsi “Find” [Ctrl-F] pada browser anda dan ketikkan Hubble. Nah, kini anda bisa membaca artikel tentang Edwin Hubble yang anda cari-cari itu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar